You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
sampah kolong rel
.
photo Nurito - Beritajakarta.id

Kolong Rel KA Sawah Besar Banyak Timbunan Barang Bekas

Kolong rel Kereta Api (KA) di Sawah Besar, Jakarta Pusat, dijadikan tempat penimbunan barang bekas. Keberadaan bangunan liar pun menambah kesan kumuh di kawasan dengan panjang sekitar 1,5 kilometer tersebut.

Penertiban di bawah kolong rel kereta api menunggu pembangunan RPTRA. Hanya saja batas pembangunannya dimana kita belum dapat denah perencanaannya karena masih dikaji di provinsi

Pantauan Beritajakarta.com, Senin (31/8), tumpukan barang-barang bekas banyak ditemukan hampir di sepanjang kolong rel kereta api. Selain itu, banyak warga berjualan makanan dan minuman. Bahkan, gerobak-gerobak sampah yang terparkir di bahu jalan kolong rel KA juga mengakibatkan arus lalu lintas tersendat.

Terkait hal ini, Camat Sawah Besar, Matua Sitorus mengatakan, penertiban kawasan kolong rel kereta tersebut masih menunggu pembangunan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) selesai. Sebab luasan RPTRA yang akan dibangun masih dalam pengkajian di tingkat Provinsi DKI. "Penertiban di bawah kolong rel kereta api menunggu pembangunan RPTRA. Hanya saja batas pembangunannya dimana kita belum dapat denah perencanaannya karena masih dikaji di provinsi," ujar Matua Sitorus.

Warga Minta Lokasi Bekas PKL Dibangun Taman

Menurut Matua, ada 3 RPTRA yang akan dibangun di sepanjang kolong rel kereta api ini. Masing-masing di Kelurahan Mangga Dua Selatan, Karang Anyar dan Pasar Baru. Pembangunan RPTRA ini dilakukan pihak pengembang dengan program Corporate Social Responsibility (CSR).

Mengenai banyaknya warga tidur di kolong rel kereta api karena untuk mengamankan barang-barang bekas. "Sebab bagi mereka, seluruh barang bekas ini adalah harta benda yang harus dijaga. Jika ditinggal dihawatirkan akan hilang dicuri orang," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1232 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1200 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1170 personTiyo Surya Sakti
  4. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1136 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1064 personNurito